Tuesday, October 8, 2019

Kucing Kampung Peliharaan Saya Pemilih terhadap Makanan

Salah satu kucing kampung jantan dewasa peliharaan saya  yang bernama Cowy (karena berwarna hitam putih seperti warna sapi/cow😜) memiliki kebiasaan buruk, yaitu pemilih terhadap makanan daging. Kebiasaan tersebut mulai terlihat ketika Cowy terbiasa diberi makanan basah khusus kucing merek Whiskas dalam setahun terakhir.
Sumber: Akun Ig Penulis & Survei Toluna

Ketika diberi Whiskas basah (kaleng), Cowy begitu lahap dan cepat menyantapnya. Namun, dalam kondisi yang sama diberi daging sate berbumbu misalnya, maka Cowy hanya mencium aroma dan dijilat sesaat lalu kabur begitu saja tanpa rasa bersalah seakan tidak menghargai si pemberinya hehe... Selera makan Cowy kalah dari kucing peliharaan saya yang lain, kucing kecil di sebelah rumah, bahkan tikus got yang mendapat durian runtuh untuk menghabiskan makanan yang tidak dimakan Cowy tersebut😱 . Uniknya, setelah Cowy kabur (dalam keadaan masih lapar tentunya), saya melihat Cowy malah makan rumput atau makan makanan basi di tempat sampah. Saya juga heran kenapa bisa seperti itu? Apa bentuk protes? Ternyata tidak. Kucing memakan rumput akibat tidak enak badan dan untuk membersihkan parasit. Bahkan beberapa diantaranya setelah makan rumput dimuntahkan kembali agar membuat kucing lebih baik. Intinya memang si kucing dalam keadaan mood yang kurang baik😾 (sumber: https://sains.kompas.com).


Setelah saya search di google, ternyata kasus kucing pemilih terhadap makanan lumrah terjadi, tidak hanya berlaku bagi kucing impor peliharaan (rumahan), tapi juga kucing kampung peliharaan. Saya sempat beranggapan itu hanya berlaku untuk kucing impor saja, ternyata tidak.

Beberapa faktor penyebab kucing menjadi pemilih terhadap makanan:
1. Kebiasaan makan mereka saat masih kecil/kitten terbawa hingga dewasa

2. Kebiasan kucing diberi makanan enak yang sama dalam waktu yang lama menyebabkan kucing tidak mau mencoba makanan yang baru

3. Kucing merasa tidak begitu lapar walaupun suka rewel dan mengeong. Kucing rumahan biasanya jarang bergerak sehingga makannya pun lebih sedikit daripada kucing yang senang bergerak

4. Aroma makanan basah tertentu saja (terutama aroma ikan dan makanan daging kalengan) yang sangat disukai kucing sehingga menggugah selera makan kucing. Bandingkan dengan aroma makanan kering kucing yang kurang mantap atau aroma bumbu rempah yang dianggap aneh sehingga hanya dimakan sedikit bahkan tidak dimakan sama sekali

5. Kucing sensitif terhadap bahan kimia berbahaya pada makanan, namun sistem pencernaannya kuat terhadap makanan basi misalnya, jelas lebih kuat dari sistem pencernaan manusia. Jika kucing lapar diberi sisa daging enak yang baru dikonsumsi manusia dan kucing menolak lalu kabur, jangan-jangan itu daging mengandung bahan kimia dan pengawet berbahaya😱.

Solusi:
1. Mengganti makanan kucing setiap sebulan sekali. Seperti si Cowy dibiasakan untuk tidak terus-menerus diberi makanan Whiskas basah dan kering, tapi juga diganti dengan makanan sejenis merek lain dan juga variasi makanan lain seperti sarden, daging ayam goreng, daging sapi, dan sebagainya. Khusus daging berbumbu, ada baiknya jika bumbunya dibersihkan terlebih dulu. Terkadang kucing suka mual terhadap bumbu tertentu. Kucing pun seperti manusia akan bosan jika diberi makanan dengan bumbu yang itu-itu saja

2. Kombinasikan makanan basah dan kering. Misal pagi makanan basah khusus kucing, siang makanan sisa manusia, dan malam malam makanan kering khusus kucing. Uniknya, Cowy senang juga senang makan roti tertentu😜

3. Kondisi tidak mau makan tidak melulu akibat bosan, bisa saja kucing kurang vitamin dan kurang gerak juga. Vitamin dapat dibeli di petshop mulai dari yang Rp. 20 ribuan sampai Rp. 200 ribu. Sama saja dengan manusia, ada yang sulit makan perlu suplemen penambah nafsu makan. Kecuali jika sudah diberi vitamin kucing tetap tidak mau makan dan terlihat lemas, memang harus diperiksa ke dokter hewan. Sedangkan faktor kurang gerak harus diantisipasi dengan sering diajak bermain oleh pemiliknya

4. Jangan memberi makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet berbahaya walau itu daging enak, kucing sudah pasti menolaknya
(Sumber: www.rajapetshop.com, www.farmbos.com, & www.fauna.id).

Demikian artikel saya, kucing pemilih terhadap makanan harus dicari akar masalahnya, apakah memang hanya akibat bosan, salah pola makan, atau kurang vitamin. Jika kucing tidak pemilih terhadap makanan, maka itu artinya memiliki nafsu makan yang baik dan kucing bisa dikatakan sehat. Tapi, bukan berarti karena tidak pemilih, kucing malah diberi sayuran, nasi uduk, tahu tempe, dan kue kering, ya mana mau😜.

Silakan mampir juga ke blog saya yang kedua (tentang, dan kemanusiaan, full text english) dan ketiga (tentang masalah dan solusi kelistrikan). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:

41 comments:

  1. Kucing rumahan walaupun kucing lokal biasanya cenderung manja soal makanan, jadi memang pemiliknya harus tegas, dikombinasi daging ikan dengan nasi biar cepat kenyang. Bahkan, mainnya pun pilih-pilih, tidak level lagi kejar-kejaran dan nangkap tikus, bahkan malah takut sama tikus gede haha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, harus dibiasakan dengan variasi makanan. Soal tikus memang si kucing ini rutin dimandiin mungkin jijik kalau berurusan dengan tikus yang jorok & khawatir membawa penyakit hehe...Thx

      Delete
  2. wah, suatu ketika mau ngasih kucing tetangga sosis ah ...klo dia nolak, itu jangan-jangan pengawetnya berbahaya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, makanan olahan berpengawet seperti sosis, nugget, bakso (banyak yang tidak asli) menyebabkan kucing tidak mau memakannya, karena kucing lebih sensitif walau sistem pencernaannya lebih kuat dari manusia (coba kasih makanan basi masih kuat). Thx sudah sharing

      Delete
  3. I had a cat a long time ago. He wasn't a picky eater as long as fishy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. A good cat, maybe it should be a variation of the fish. Thx

      Delete
  4. kalo kucing kampung makannya bisa bebas om kalo lagi lapar wkwkwk salam basah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya gitu, kucing kampung tangguh namanya, tapi kalau dipelihara jadi rumahan sifat pemilih itu muncul. Thx

      Delete
  5. Dulu waktu di Purwokerto pernah sekali pelihara kucing kampung, tapi makannya gampang kok, ikan keranjang mentah dicampur nasi jadi kesukaannya, dikasih krupuk juga mau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending seperti itu, sekalinya dikasih makanan khusus kucing seperti Whiskas jadi ada ketergantungan, jadi ga mau yang lain. Thx

      Delete
  6. Tuh liat wajah si cowy aja jutek gitu... Barangkali krn kebiasaan diksh makanan kalengan gitu jadinya manja si cowy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya fotogenik ini kucing, cuma kalau dikasih makan pilih2 dan pundungan, kabur begitu saja. Memang harus dipaksa makannya. Thx

      Delete
  7. itu kucingnya gak mirip mirip amat sama kucing kampung ya...apa karena kebiasaan makanan beli di mall itu ya he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh dimandiin juga seminggu sekali jadi memang ga keliatan kucing kampungnya hehe..

      Delete
  8. Puyeng juga ya melihara kucing. Begitu baca soal milih makanan, jadi mundur teratur buat pelihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi memang harus dilatih sejak kecil, biar gedenya ga pemilih makanan. Bisa ngebantu ngabisin sisa makanan, daripada disimpan di kulkas lalu ujung2nya dibuang. Thx

      Delete
  9. Kucing pun bisa memilih makanan memang kelihatan sih. Saya juga pernah melihat yang seperti itu, dikasih 2 pilihan makanan eh dianya malah milih yang lain 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah milih makanan sisa di tempat sampah. Sudah ga mikir takut diare atau harus rebutan dengan kucing jalanan hehe... Itu juga pernah dialami Cowy. Thx

      Delete
  10. Saya baru tahu, jika ada kucing yang makan rumput.
    Kalau kucing dirumah saya masih normal-normal saja makanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing melakukan itu untuk membersihkan parasit di dalam tubuhnya, mungkin kalau manusia program detoks alami lah hehe... Thx

      Delete
  11. Kucing saya makan nasi dan ikan. Ikan favoritnya adalah ikan teri. Gak doyan sayur. Sehat, bulunya gak panjang, tapi bersih dan bagus. Gak suka dipegang atau digendong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu, ga perlu makan mahal. Kalau ga suka dipegang, mungkin dulunya pernah trauma dipegang manusia lalu dipukul atau kecilnya liar, baru dipelihara saat liar tersebut. Thx

      Delete
  12. rata2 kucing kalau dirawat plus dimanjaiin, biasaya makan milih2 tu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, biasanya jadi ga segarang kucing jalanan, sama tikus aja takut hehe..

      Delete
  13. Kucing emang sesekali makan rumput untuk memberesi pencernaannya.
    Kebetulan kami juga punya kucing jenis Persia. Makan yang kami berikan lebih yang kering dan kami beli di petshop, vitaminnya murah cukup fish oil, hehehe. Kucing itu merasa majikan kalau sama tuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak ikan bagus juga ya. Saya pernah baca psikologi kucing. Ketika sudah tidak bergantung pada induknya, kucing akan mencari tuannya untuk dipelihara dan menganggap tuannya seperti kucing besar yang melindungi. Tapi jika tidak beruntung, mereka akan survive di jalanan (kucing liar). Thx

      Delete
  14. Baru tau kalo kucing makan rumput utk detox atau memulihkan moodnya..

    Tapi saya perhatikan kucing yg lalu lalang depan rumah memang tidak terlalu suka ikan atau daaging berbumbu,.. Klo berbumbu biasanya cuman di ciumin aja dan ditinggal, tapi klo gak pake bumbu atau goreng biasa malah suka dan lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu rempah dianggap aneh bagi sebagian kucing, bahkan membuat hidungnya tidak peka & menganggap itu bukan daging. Risiko kucing pemilih makanan ya badannya kurus kering seperti kurang terurus hehe...

      Delete
  15. Hihihi lucu ya kucingnya pemilih makanannya. Kayak orang ya. Aku juga aneh kenapa ada kucing yang suka wafer juga. Soalnya anak saya pernah ngasih kucing wafer. Terus dia makan. Mungkin karena kucing jaman now ya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, mau dikasih wafer, apalagi wafer premium Loacker pasti bikin ketagihan hehe.. Mungkin ini masalah kebiasaan sejak kecil diberi makanan di luar kodratnya dan terbawa hingga kucing besar. Tapi, selama kucing sehat ya ga masalah. Yang masalah kalau kucing hanya mau makan wafer tapi ga mau makan daging, itu perlu diperiksa ke dokter hewan hehe..Thx sudah mampir

      Delete
    2. *Kucing jaman now dan kucing generasi milenial ;)

      Delete
  16. Kucing saya juga agak pemilih. Kadang mau makan ikan, kadang juga tidak.

    Sempat terpikir apa kucing bisa mengenali ikan berpengawet atau fresh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ikannya berpengawet atau berbahan kimia berbahaya bagi manusia. Bisa juga ikannya berbumbu macam-macam sehingga membuat mual si kucing. Mending ikan goreng biasa atau ikan mentah alami, kucing lebih suka. Tapi, masa ya kucing ga mau ikan gara-gara ikannya banyak duri hehe... Thx

      Delete
  17. kucing saya apalagi mas, si kembang asem, cuma makan daging aja udah gada yang laen,,manja banget pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik juga nama kucing dari nama kembang, mungkin coraknya ya. Kalau hanya mau makan daging saja memang idealnya seperti itu, tapi bisa saja sesekali mau makan telur dadar misalnya. Thx

      Delete
  18. comelnya kucing...

    kucing sama juga macam manusia seleranya... ia berhak memilih makanan yang sesuai... kalau kita marah pun tak guna sebab dia bukan faham pun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kucing pun dapat protes atau marah, seperti didekati dikasih makan, tiba-tiba kabur begitu saja. Kadang dikasih tulang ayam kecap pun tak mau. Mungkin aroma kecapnya ga suka harus dibersihkan, atau manja ga mau gigit tulang, maunya daging lembut saja hehe..Itulah psikologi kucing. Thx

      Delete
  19. Thanks apsudi berkunjung ke blog saya,drop komen & follow
    datang membalas kunjungan dan follow blog ni jugak..
    bantak info berguna ya

    ReplyDelete
  20. Bener banget sepertinya itu kebiasaan dari kecil. Kucing dirumah aku juga pada milih. Sebab terlalu lama dikasi makan 1 produk dalam jangka waktu yang lama.

    ReplyDelete

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)😇
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜